Menu Drop Down

Rabu, 03 Juni 2020

Cara Cek NISN Berdasarkan Nama

    Nomor Induk Siswa Nasional disingkat NISN adalah kode pengenal identitas siswa yang bersifat unik, standar dan berlaku sepanjang masa yang dapat membedakan satu siswa dengan siswa lainnya di seluruh sekolah Indonesia dan Sekolah Indonesia di Luar Negeri; Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) diberikan kepada setiap peserta didik yang bersekolah di satuan pendidikan yang memiliki NPSN dan terdaftar di Referensi Kemendikbud. 
       Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) terdiri dari 10 digit angka yang bersifat unik dan berbeda antara siswa satu dengan yang lain. NISN sangat penting dimiliki oleh siswa dan kebenaran NISN akan sangat berpengaruh saat mendaftar pada jenjang pendidikan yang lebih tinggi.
       Maka dari itu, dibawah ini akan kami uraikan cara pengecekan NISN bagi siswa siswi untuk persiapan PPDB, agar tidak terjadi kesalahan penulisan NISN nantinya. Karena pengajuan perubahan NISN saat ini sangat sulit, berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

1. silakan kunjungi link berikut referensi data kemdikbud
(situs akan terbuka di tab baru)

Tampilan situs cek NISN pada PC

Tampilan situs cek NISN pada Handphone

2. Isikan form tersebut sesuai data diri kalian
Nama: nama lengkap (huruf kapital/tidak)

Tempat lahir: tempat lahir sesuai akte (huruf kapital/tidak)

Tanggal lahir: jika tidak muncul pilihan seperti gambar dibawah ini, silakan ketikan dengan format Tahun-Bulan-Hari contoh: 2003-08-30

Nama ibu kandung: 
sesuai akte (huruf kapital/tidak) 

Kode Captcha: silakan tuliskan kode yang muncul diatasnya, penulisan kode harus sesuai antara angka, huruf kapital atau tidak.

3. Setelah semua terisi dengan benar, klik Cari Data

Jika data yang diisikan benar, maka akan mucul data NISN kalian yang benar seperti contoh gambar dibawah ini (yang dilengkari merah adalah NISN kalian sesuai dengan yang tercatat di pusat data kemdikbud. Gunakan NISN tersebut untuk melengkapi data jika diperlukan.